Sunday, September 8, 2013

INSTRUMEN LABORATORIUM

Ø Lemari  Asam
Laboratorium sebagai tempat untuk melakukan berbagai percobaan tentunya tak lepas dari bahaya yang ditimbulkan dari bahan-bahan kimia juga peralatan yang digunakan.  Tetapi bahaya itu dapat diatasi dengan langkah-langkah pencegahan baik dari sikap individu yang berada di lab maupun dari keamanan alat dan penyimpanan bahan yang digunakan. Lemari asam salah satu contohnya. Alat ini sangat penting berada dalam laboratorium, mengingat percobaan yang dilakukan terkadang menggunakan bahan-bahan yang memiliki konsentrasi tinggi dan mudah menguap. Aman atau tidaknya sebuah lemari asam dilihat dari sirkulasi udara dalam sistem lemari asam dan juga sebaiknya tahan terhadap bahan-bahan kimia seperti pelarut organik, bahan yang sifatnya korosif dan juga tahan terhadap ledakan. Elemen-elemen penting yang harus ada pada lemari asam adalah blower (kipas penyedot), terhubung dengan sumber air, pintu kaca yang mudah dibuka dan aman, memiliki tinggi yang sesuai dengan orang-orang yang menggunakannya. Dalam hal ini harga dan desain menjadi alasan kedua, karena keamanan lebih diutamakan dalam bekerja di laboratorium.
Dalam penggunaannya hal-hal yang harus diperhatikan pula yaitu jangan membiarkan pintu lemari asam terbuka lebar, karena mungkin saja bahan bersifat mudah menguap yang berbahaya untuk pernafasan, dan tidak menggunakan lemari asam sebagai tempat untuk menyimpan bahan-bahan kimia, dan yang lebih utama yaitu tidak memasukan kepala agan ke dalam lemari asam dalam bekerja, karena bagaimanapun lemari asam digunakan untuk percobaan dengan bahan-bahan yang berbahaya. Perawatan terhadap lemari asam dilakukan dengan cara menjaga kebersihan lemari asam, dan apabila ada tumpahan sebaiknya diamati jenis dan sifat dari bahan yang tumpah, cara yang sederhana dapat menggunakan kertas lakmus dan langkah selanjutnya dapat dinetralkan dengan Na2CO3 atau NH4Cl.

Ø Sentrifuge (Hettich Zentrifugen EBA 20)

Dalam percobaan identifikasi bahan atau dalam mengendapkan zat dalam skala yang kecil di laboratorium biasa digunakan alat sentrifuge. Alat ini bekerja untuk memisahkan endapan dengan cairannya berdasarkan perbedaan jenis molekul dengan cara memberikan gaya sentrifugal pada kecepatan tertentu sehingga endapan dengan berat jenis yang lebih besar berada di dasar sedangkan cairannya berada diatas.

Ø pH Meter
Bermacam-macam pH meter yang telah diproduksi oleh pabrik-pabrik. Digunakan untuk mengukur tingkat keasaman dari suatu zat. Biasanya sebelum digunakan dikalibarasi terlebih dahulu menggunakan larutan buffer. Larutan buffer biasanya telah disertakan dalam kemasannya, dapat pula dibeli di toko-toko kimia.

Ø Corong buchner
Digunakan untuk menyaring. Bahan penyaring (biasanya kertas saring) diletakkan di atas corong tersebut dan dibasahi dengan pelarut untuk mencegah kebocoran pada awal penyaringan. Cairan yang akan disaring ditumpahkan ke dalam corong dan dihisap ke dalam labu dari dasar corong yang berpori dengan pompa vakum.

Ø Kawat nikrom
Kawat nikrom Untuk mengidentifikasi suatu zat dengan cara uji nyala. Hal ini disebabkan setiap zat memberi warna nyala yang spesifik artinya setiap zat memiliki warna yang berbeda antara satu dengan yang lain. Walaupun demikian beberapa zat memberikan warna nyala yang hampir sama sehingga sulit dibedakan. Selain kawat nikrom, kawat platina juga sering digunakan.

Ø Vortex maxi mix plus

Vortex maxi mix plus adalah pusaran mixer berkecepatan tetap. Digunakan untuk pangadukan/ pencampuran tabung seragam dan flaks kecil. Alat ini dapat dioperasikan secara kontinu atau diatur dengan menyentuh modenya. Aplikasi lainnya yaitu Pencampuran media dalam tabung reaksi,suspensi sitogenetika ,Pencampuran dalam tabung centrifuge, enzimatik dan RIA tes danVortexing suspensi sel.

Ø Grant water bath

Membuat kontrol suhu yang akurat sampai dengan maksimum 150 º C, baik untuk merendam sampel dan beredar cairan suhu dikontrol ke perangkat eksternal. Kisaran suhu dan daya pemanas secara otomatis dibatasi sesuai dengan jenis cairan yang dipilih . Alat ini menggunakan energi lebih sedikit. Mudah dikosongkan airya dengan pentirisan. Alat ini  Kuat dan tahan lamayang terbuat dari  stainless steel kasus dalam dan luar tangki serta Tutup mengurangi penguapan dan membantu menjaga suhu mandi saat di gunakan

Ø Botol Semprot
Botol semprot tebuat dari bahan plastik, biasa di gunakan untuk menyimpan/wadah aquadest. Botol ini umumnya bewarna putih dan memiliki selang di bagian tutupnya yang berfungsi untuk mengeluarkan aquadest dari botol.

Ø Desikator
Desikator merupakan alat instrumen kimia yang biasa di gunakan untuk mendinginkan bahan kimia yang panas. Alat ini terbuat dari kaca bening, bentuknya seperti guci kecil yang memiliki tutup cembung ke atas dan di tengah tutupnya terdapat cerobong kecil yang berguna untuk mengeluarkan suhu dari dalam.

Ø Oven
Oven yang mana bentuknya tidak jauh berbeda dengan oven pada umumnya, fungsinya ialah untuk mengeringkan suatu bahan padat yang basah, padatan tersebut biasanya adalah endapan yang terbentuk dari mereaksikan bahan cair.



0 comments:

Post a Comment